SERUNYA BISA NGEBLOG

Menulis adalah ketrampilan yang diajarkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Tidaklah mudah untuk membuat sebuah tulisan. Apalagi yang bisa menarik pembaca.

Siswa-siswa ku lebih suka mendengarkan ceritaku di depan kelas. Mereka bisa sampai melongo jika sudah mendengar aku mendongeng. Ada lalat lewat didepannya tak akan terlihat. Mereka fokus sama diri ku. Terkadang sampai bingung juga. Iiih…koq sampai segitunya ya?  Kenapa? (tanya dalam hatiku)

Giliran pelajaran menulis hampir semua merasa kesulitan. Aku paling suka membuat tulisan cerita dongeng. Yang terdiri dari 3 paragraf utama. Orientasi (pengenalan tokoh waktu dan tempat), problem (masalah) dan solusi (pemecahan dari masalah).

Siapa mengira keadaan menjadi seperti sekarang. Tidak bisa bertatap muka. Memngadakan pembelajaran secara on line. Guru dituntut melek IT. Ini lah salah satu hikmah pandemik COVID-19. Bergabung di kelas Belajar Menulis bersama om Jay.

Keinginan untuk menulis sudah lama.   Sejak di bangku kuliah aku bermimpi bisa menulis. Mengawali menulis begitu sulit ku rasakan.

Jika ada kemauan dan selalu berdoa pada Allah jalan pasti ada jalan. Benar saja ku lihat iklan di FB tentang belajar menulis setiap hari bersama om Jay. Ku hubungi no WhatsApp nya om Jay.

Bergabunglah dalam group menulis setiap hari Gelombang 7. Om Jay mengirimi ku bahan untuk membuat resum. Aku masih bingung harus bagaimana mengerjakannya. Tugas di group membuat karangan 3 paragraf. Om Jay mengirim gambar. Peserta dipersilahkan membuat tulisan tengtang gambar itu. Tulisan dikirim ke group atau ke email. Begitu seterusnya om Jay mengirimkan gambar kita membuat tulisan 3 paragrap.

Aku hanya sekali mengirim tulisanku, itu pun ku kirim ke WhatApp  pribadinya om Jay. Padahal setiap hari menulis dan ku simpan di file dokumen. Gelombang 7 telah selesai dilanjutkan gelombang 8. Aku masih belum paham. Ku beranikan diri ijin pada om Jay untuk menyimak di gelembang berikutnya. Om Jay yang super sibuk menyempatkan membalas dan berkomunikasi dengan ku. Terkadang beliau mengirim link di WhatAppku. Alhamduillah aku belajar dari tulisan yang dikirimkan om Jay. Sangat mengispirasi sekali.

Selanjutnya dalam hati aku bertanya apa blog itu. Apa manfaatnya? Bagaimana membuatnya? Alhamdulillah akhirnya bergabung di Kelas Blog Pemula Angkatan 3 dan Kelas Blog Lanjutan Angkatan 1. Mr. BamS membimbing dengan baik dan sabar.

kelas wordpess mr. BamS

Who is Mr. BamS? Beliau adalah guru blogger yang dengan sabar membimbing dari awal membuat blog dan menulis untuk diupoad di blog pribadi.

Alhamdulillah waktu itu aku ikut daftar kelas blok pemula angkatan 3 yang terjadwal 18-19 Mei 2020 dengan jumlah peserta 23 orang.

Akhirnya punya blog pribadi ceritadariasih.wordpress.com/ . Berawal dari sini semangat ku menulis mulai berapi-api. Punya banyak teman dari seluruh wilayah Indonesia. Saling share tulisan untuk di l & k.

Mr.BamS tidak berhenti sampai disini. Beliau berlanjut pada pelatihan WordPress angkatan 1. Terjawalkan 20 Mei – 25 Juli 2020. Peserta berjumlah 42.

Sampai pertemuan ke-4 pada 13 Juni 2020. Materi yang telah dipelajari adalah 1. Mengganti tema (Tampilan blog) 2. Insert foto di naskah (pos). 3. Insert URL di naskah (pos)  4.Insert Youtube di naskah (pos). 5. Membuat Kategori 6. Membuat Menu 7. Mengatur menu 8. Membuat sub tema 9. Widget 10. Statistik.

Kelas Blogger WordPress di Bulan Ramadhan
https://penamrbams.id/category/kelas-blog/
Kelas Membuat Blog Angkatan 3
Mr.BamS

Sungguh mereka orang-orang yang luar biasa. Setulus hati berbagi ilmu. Bagaiamana untuk menjadi seorang guru yang mempunyai nilai plus. Mampu menulis dan bermanfaat melalui blog. Sekarang bagaiakan sayur tanpa garam jika tidak menulis. Setiap hari inginnya menulis

Inspirator ku, guru blogger ku, Bambang Purwanto seorang guru di SMP Taruna. Seorang guru TIK, mendapat tugas tambahan koordinator literasi, pembina club literasi dan PRAMUKA. Ayah Salwa begitulah beliau di panggil dalam dunia pendongeng. Bersama istri tercinta mendirikan taman baca TBM AS Lebakwangi. Sebagai ketua RW.13 Lebakwangi Asri tahun 2018-2023.

Bagi Mr. BamS tujuan membuat blog :

  1. Malu sebagai guru TIK ngak punya blog
  2. Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog
  3. Berbagi penglaman
  4. Menyimpan tulisansepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)
  5. Menghasilkan rupiah.

Sebenarnya apa saja isi dari blog :

  1. Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen . Senang menulis puisi tulislah puisi.
  2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Akhirmya di ujungnya bisa menghasilkan sebuah buku. Kisah Guru Ngeblog di WordPress telah dihasilkan oleh Mr.BamS.

Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukan. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukanya. Bermodal mau maka akan menjadi bisa. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermanfaat kapanpun, dimanapun  dengan siapapun. Itulah pesan dari Mr. BamS.

Belajar dari pengalaman Mr.BamS. Waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seseorang mulai mahir ngeblog satu hari sudah bisa. Bila hanya dasar yaitu membuat blog, belajar posting.

Berdasarkan pengalaman blognya https://bepenamrbams.wordpress.com/ lahir senang membahagiakan orang lain. Jika melakukan kebaikan, maka akan datang kebaiakan. Buat beliau yang real adalah saat bisa mengajar blog, maka blog nya menghasilkan.

Bagaimana mengatasi malas ngeblog karena kendala belum mahir menguasai IT? Males ngeblog ganti kalimatnya. Saya sedang berjuang membuat  blog, maka saya akan lakukan. Mahir bisa dilatih, yang bisa latihan hanyayang mau berlatih.

Bagaimana blog kita enak dibaca dan enak dilihat? Menulis adalah ketrampilan menulis dengan penuh kesabaran. Enak dilihat, belajar tentang mengatur tampilanya bagus, bagaiamana caranya, lama-lama enak di lihat. Motivasi utama menulis di blog adalah membuat blog yang kita kelola bermanfaat untuk orag lain. Menarik pembaca. Membangun blog memang tidak mudah. Yang kita lakukan sudah benar yaitu adanya komuntas. Makanya di https://penamrbams.id/sengaja ada kumpulan link blog(blogspot, wordpress, web blog), tujuannya agar bisa saling berkunjung. Maka silahturahmi terbangun.

Bila kita seorang guru buatlah materi dan tugas di blog kita, maka pasti banyak pengunjung ke blog kita. Kemudian tulislah tidak hanya materi dan tugas. Akan tetapi yang lainya kita tukiskan, agar terjaring pembaca. Tetap semangat, tapi saranya adalah menulislah untuk membahagiakan yang lain, makakebahagiaan akan datangtak tertahanan.

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah:       

  1. Sebagai guru tantangan saat ini adalah sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari ketrampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke mediacetak (koran, majalah,media on line) kemudian membuat buku.
  2. Buatah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya ,memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga bisa menjadi cerminan pemiliknya.
  3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.
  4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan.

Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akanbahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jaman.

Berikut ini adalah Profil Mr. BamS

Guru TIK / Informatika SMP Taruna Bakti
Tempat mengajar SMP Taruna Bakti (sebagai Koordinator Tim Literasi)

https://youtu.be/8TFaBQn2l9c mengajar SMP Taruna Bakti

Pengelola Taman Bacaan di TBM AS Lebakwangi (sebagai pegiat literasi masyarakat)
Pendongeng Tetap di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kab Bandung Ayah Salwageng Ayah Salwa

16 thoughts on “SERUNYA BISA NGEBLOG

Leave a comment